- / / : 081284826829

Keunggulan Rempah Dapur Bagi Kebugaran Tubuh

Oleh: Arda Dinata
 

INDONESIA
dikenal dengan negara yang memiliki berbagai hasil bumi, diantaranya berupa rempah-rempah. Setiap kita, dapat dipastikan mengenal berbagai jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak, seperti cabai merah, kayu manis, jahe, bawang putih, pala, dll.

Berbagai rempah-rempah tersebut, ternyata selain berfungsi untuk bumbu masak, juga dapat dipakai sebagai bahan obat tradisonal. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai pengalaman para leluruh/ nenek moyang kita bahwa rempah-rempah ini mengandung bahan-bahan yang berkhasiat obat. Dan keberadaan obat tradisional ini, tentu tidak kalah mujarabnya dibandingkan obat yang dibuat menurut pengetahuan modern.

Adanya rempah-rempah yang dicampur dalam santapan kita sehari-hari, selain dapat memuaskan lidah dalam rasa, ternyata juga menyimpan keunggulan bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Banyak penelitian telah dilakukan dan beberapa diantaranya menunjukkan hasil yang menakjubkan.


Berikut ini, ada beberapa jenis rempah-rempah dan keunggulannya yang bisa dicoba sebagai obat alternatif dalan keseharian kita, diantaranya yaitu: 1. Bawang putih. Selain mampu mencegah penyakit stroke dan jantung, bawang putih juga mengandung zat anti bakteri yang mampu meredakan infeksi serta gangguan pada pencernaan. Riset terbaru menyatakan bahwa bawang putih juga mampu mencegah kanker prostat.

2. Bawang bombay. Sebuah bawang bombay setiap hari dapat mencegah dan mengatasi sakit batuk dan pilek. Selain itu juga, bawang bombay juga sangat baik untuk sistem saraf, membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme serta mampu meningkatkan kesehatan kulit.

3. Cabai Merah. Apakah Anda pernah mendengar istilah chilli diet? Menurut hasil riset Laval University di Quebec, cabai merah ternyata dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Demikian juga dengan kandungan vitamin A-nya, yang ternyata sangat istimewa karena mengandung antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas penyebab penyakit kanker.

4. Jahe. Merupakan anti ametic yang dapat meredakan rasa mual dan mabuk, baik mabuk di perjalanan (dalam kendaraan) maupun mabuk pada ibu hamil. Hebatnya lagi, jahe yang dibuat minuman sangat baik bagi penderita penyakit jantung.

5. Kayu manis. Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu membantu jalannya sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga mampu mengurangi kram pada saat menstruasi. Rempah ini juga mampu meningkatkan libido.

6. Pala dan allspice. Aktifitas insulin di dalam tubuh dapat lebih ditingkatkan lagi apabila kita rutin mencampurkan kedua rempah ini ke dalam masakan. Hasilnya gula darah akan diproses dengan baik dan efisien oleh tubuh, sehingga penyakit diabetes dapat dihindari.

7. Adas manis. Adam manis ini, diyakini mampu menenangkan pencernaan. Jika rajin mengkonsumsinya, rempah-rempah jenis ini akan membantu tubuh Anda agar kehidupan seks semakin menggairahkan. Bumbu ini juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita menopause karena kaya akan fitoestrogen (hormon pada tanaman).

8. Lada hitam. Rempah ini mengandung piperin, suatu zat aktif yang memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh kita dari penyakit jantung, kanker kolon (usus besar) sampai mencegah penuaan.

Itulah beberapa jenis rempah-rempah yang kerap kali bersentuhan dengan kita di dapur, dan ternyata keberadaannya tidak saja sebagai pelengkap rasa masakan, tapi juga memiliki keunggulan yang patut dibanggakan. [Arda Dinata].***

Penulis Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia.
http://www.miqra.blogspot.com
WWW.ARDADINATA.COM